Halo semuanya!
Citraayurw_ |
Perkenalkan saya Citra Ayu Rahmaning Widi mahasiswa S1 Departemen Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang Angkan 2021. Saat ini saya semester 2. Dimana pada semester ini terdapat sembilan mata kuliah yang saya ambil. Salah satunya, yaitu mata kuliah Teori dan Pengembangan Multimedia Bimbingan dan Konseling yang diampu oleh Ibu Rizka Apriani, S.Pd., M.Pd.
Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman belajar khususnya pada proses belajar di mata kuliah Teori dan Pengembangan Multimedia BK. Kegiatan yang dilakukan pada mata kuliah ini apa saja sih? Yuk, ikuti cerita pengalaman belajar di bawah ini!
Jadi, salah satu Capaian Pembelajaran Mata Kuliah Teori dan Pengembangan Media BK ini adalah mahasiswa mampu mengembangkan media BK dan mempublish produk media BK tersebut di sosial media. Nah, berikut merupakan proses pengembangan media yang telah saya lakukan dengan kelompok.
1. Proses Pengembangan Media Kelompok
a. Analisis Kebutuhan
Sebelum mengembangkan media BK tentunya kelompok kami melakukan analisis kebutuhan terlebih dahulu. Nah, disini saya beserta anggota kelompok merancang instrumen analisis kebutuhan multimedia BK berdasarkan Kisi-kisi Instrumen Analisis Kebutuhan Multimedia yang telah diberikan oleh Ibu Rizka. Instrumen analisis kebutuhan multimedia ini dibagi menjadi dua variabel, yaitu untuk Guru BK dan Peserta didik. Untuk bidang nya kami batasi hanya pada bidang karier saja.
Karena masih terkendala pandemi, maka saya beserta anggota kelompok memanfaatkan media google form untuk penyebaran angket instrumen analisis kebutuhan multimedia BK. Angket analisis kebutuhan multimedia BK yang telah selesai dirancang kami sebarkan ke SMKN 4 Malang khususnya pada kelas XII dan Guru BK.
b. Penentuan Media yang akan di Kembangkan
Terdapat berberapa media yang kami cantumkan dalam instrumen analisis kebutuhan multimedia, yaitu PPT Interaktif, Film Animasi, Poster, dsb. Namun hanya satu jenis media yang akan kami kembangkan dalam kelompok, yaitu PPT Interaktif dan Youtube sebagi tempat mempublish. Pemilihan media tersebut tentunya tidak semata-mata saya dan anggota kelompok yang memilihnya, melainkan berdasarkan hasil angket analisis kebutuhan multimedia BK yang telah kami sebar ke SMKN 4 Malang.
Hasil angket menunjukan kami mendapatkan sebanyak 48 responden peserta didik kelas XII menyukai media PPT Interaktif sebagai media layanan yang di berikan oleh Guru BK dan media Youtube sebagai tempat mempublishnya.
Kelebihan PPT Interaktif menurut kelompok kami, adalah:
1). Pesan informasi secara visual mudah di pahami peserta didik,
2). Penyajian nya menarik karena ada permainan warna, huruf, dan animasi.
Baik animasi teks maupun animasi gambar dan video, dan
3). Tidak menggunakan sinyal internet.
Kelebihan Youtube sebagai tempat mempublish media layanan BK, adalah:
1). Dapat menyalurkan kraetivitas tanpa batas,
2). Media yang kita publish berpeluang di tonton oleh jutaan orang, dan
3). Media Youtube sangat mudah diakses oleh banyak orang.
c. Penentuan Materi yang akan dibahas
Penentuan materi yang akan dibahas dalam PPT Interaktif berkaitan dengan bidang Karier tentunya berdasarkan hasil angket analisis kebutuhan multimedia yang telah kita sebar.
Terdapat berbagai topik materi BK Karier yang kami cantumkan dalam instrumen analisis kebutuhan multimedia, antara lain materi persiapan memasuki lapangan kerja secara profesional, bakat dan minat, jalur masuk perguruan tinggi, soft skill dan hard skill, PTN PTS dan PTK, dsb.
Berdasarkan hasil angket yang telah di sebar, terdapat 3 topik tertinggi yang paling dibutuhkan peserta didik, yaitu bakat minat, persiapan memasuki lapangan kerja secara profesional, dan jalur masuk perguruan tinggi. Kami memilih topik bakat dan minat sebagai bahan materi yang akan kami bahas dalam media PPT Interaktif.
d. Proses Evaluasi (Pameran)
Setelah kami melakukan analisis kebutuhan pada peserta didik SMKN 4 Malang khususnya kelas XII, menentukan media yang akan dikembangkan, serta menentukan materi yang akan dibahas selanjutnya kami melakukan pengembangan media BK.
Setelah proses pengembangan media, selesai dilanjutkan dengan proses evaluasi. Proses evaluasi ini dilaksanakan dengan dengan cara melaksanakan pameran bersama antar kelompok dalam satu kelas.
2. Laporan Pameran Media
Pameran produk media BK ini dilaksanakan oleh seluruh kelompok. Setiap kelompok memposting media aplikasi yang telah dikembangkan di sosial media. Pameran produk media BK ini dilaksanakan selama 5 hari, terhitung dari tanggal 11-15 Mei 2022. Sesuai kesepakatan kelas di awal pertemuan, maka pelaksanaan pameran ini di laksanakan di satu akun sosial media Instagram, yaitu di akun kelas kami @a1cbkum. Tujuan diadakannya pameran media BK ini adalah untuk menampilkan atau memamerkan suatu produk media BK yang telah dikembangkan tiap kelompok kepada khalayak serta mendapatkan opini atau apresiasi dari masyarakat luas khususnya Guru BK maupun Dosen BK terhadap produk media BK yang dipamerkan.
Masukan-masukan dari Guru BK maupun Dosen BK terkait media kami, antara lain sebagai berikut:
1). Guru BK : "Mungkin bukan hanya tulisan saja yg ditampilkan, pengisi suara juga bisa di tampilkan dan juga bisa dikasih gambar."
2). Dosen BK : " Di satu slide jangan terlalu banyak tulisan dan penjelasan yang lama, sebaiknya dipecah menjadi satu atau dua poin per slide dan diperjelas dengan ngambar2, akan lebih baik bila gambar bergerak. Materinya udah ok. Semangat terus!
Berikut merupakan media PPT Interaktif hasil pengembangan kelompok kami yang telah di revisi:
3. Cerita Pengalaman Belajar
Nah, kita sudah sampai bagian akhir nih. Masih semangat untuk membacanya kan, Temans???
Oke, langsung saja! Jadi, bagaimana sih pengalaman belajar Citra khususnya belajar di mata kuliah Teori dan Pengembangan Mulrimedia BK ini? Seru nggak? atau membosankan?? Tentunya pengalaman belajar di mata kuliah ini sangat seru, menyenangkan, dan tidak membosankan dong! Mengapa? Karena.... hmm karena apa hayo??? Ada yang tau??? Boleh komen dibawah, Hehehe.
Jawabannya... karena di mata kuliah Teori dan Pengembangan Multimedia BK ini tidak hanya atau tidak melulu dijelaskan terkait materi-materi media yang perlu dikuasai mahasiswa. Melainkan pada mata kuliah ini mahasiswa di berikan kesempatan seluas-luasnya untuk mengembangkan media BK yang gunanya sebagai latihan menunjang layanan BK di sekolah nantinya.
Nah, jadi intinya pada mata kuliah ini setiap pertemuannya setelah dijelaskan materi terkait media BK mahasiswa diberi tugas latihan untuk membuat satu produk media BK. Apakah kalian berminat untuk melihat hasil latihan pengembangan poduk media BK saya? Jika berminat, Yuk coba di lihat!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar